Dari Daerah

Undang Terbuka Warganya di Media Sosial Facebook, Bupati Dogiyai Minta Dirinya Dikritik

JAYANEWS, PAPUA – Bupati Dogiyai Yakobus Dumupa mengundang warganya melalui media sosial Facebook untuk menyampaikan kritik kepada dirinya.

Undangan tersebut ditulis Yakobus melalui akun facebook miliknya, Jumat (6/08/2021).

Dalam surat itu, Ia mengajak para intelektual warga Kabupaten Dogiyai yang aktif menggunakan media sosial Facebook, untuk menyampaikan kritik dan memberikan solusi kepada dirinya selaku Bupati Dogiyai.

Undangan terbuka ini merupakan yang kedua kalinya ditulis Yakobus.

Sebelumnya 2019 lalu, Ia pernah mengundang pengguna media sosial untuk menyampaikan kritik kepada dirinya.

Namun tak ada seorang pun yang menyampaikan kritik dan usulan solusi kepada dirinya.

Hingga akhirnya, mantan anggota Majelis Rakyat Papua (MRP) ini menulis surat terbuka lagi.

Berikut isi surat terbuka Yakobus Dumupa untuk para intelektual Kabupaten Dogiyai yang aktif menggunakan media sosial (Facebook)

Berkaitan dengan undangan kedua untuk menyampaikan kritik dan usulan solusinya ini, ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan kepada anda sebagai berikut:

1. Saya adalah orang yang menciptakan dan mempopulerkan istilah: Kritik adalah vitamin kehidupan, fitnah adalah penyakit kehidupan. Anda boleh mengkritik tetapi anda jangan memfitnah. Anda boleh mengkritik, tetapi anda jangan memfitnah.

2. Ini menunjukkan bahwa saya bukanlah seorang pemimpin yang anti kritik, saya seorang yang selalu menerima kritik sebagai vitamin yang menyehatkan kehidupan.

Jika saya anti kritik, saya bisa saja memproses hukum dan menjebloskan banyak orang memfitnah saya dengan kedok “kritik”, padahal sudah jelas yang disampaikannya adalah fitnah.

Tetapi tak seorang pun yang saya proses hukum dan menjebloskannya kedalam penjara kan?

Saya juga sering menyatakan: Jika kamu dihina dan difitnah tanpa kesalahan, biarkanlah mereka melakukan itu dan maafkanlah mereka.

Percayalah, pada waktunya, tuhan mempermalukan mereka dengan mereka sendiri.

2. Saya adalah pemimpin yang meminta secara terbuka kepada para intelektual di Kabupaten yang saya pimpin untuk menyampaikan kritik dan usulan solusinya kepada saya dalam kapasitas sebagai Bupati, bukan dalam kapasitas pribadi.

Saya sungguh-sungguh mempunyai keinginan yang luhur agar para intelektual (yang telah berpendidikan) dapat berpartisipasi dalam proses berpemerintahan dan pembangunan di Kabupaten Dogiyai, salah satunya dengan cara mengkritik sekaligus mengusulkan solusinya.

Saya harus percaya bahwa sebagai intelektual (yang telah berpendidikan) tentu anda mempunyai kapasitas keilmuan yang cukup sebagai modal menyampaikan kritik dan mengsulkan solusinya.

3. Undangan menyampaikan kritik dan mengusulkan solusinya ini saya tujukan secara khusus kepada para intelektual (yang telah berpendidikan) yang aktif menggunakan media sosial (Facebook), baik yang bermukim di dalam wilayah Kabupaten Dogiyai maupun di luar wilayah Kabupaten Dogiyai.

Saya memohon para intelektual Kabupaten Dogiyai, dengan bekal keilmuan yang anda miliki anda dapat menyampaikan kritik dan usulan solusinya secara rasional (bukan emosional), faktual/berdasarkan kenyataan mengandung kebenaran (bukan Hoax atau berita bohong).

Dengan begitu, Anda dapat mempertanggungjawabkan kapasitas intelektual yang Anda miliki, sebab intelektualitas itu sesungguhnya harus digunakan untuk kebaikan dan kebenaran.

4. Para intelektual yang akan menyampaikan kritik dan usulan solusinya wajib menggunakan identitas aslinya: nama asli, bila perlu disertai gelar pendidikan bagi lulusan perguruan tinggi.

Nama asli boleh dicantumkan awal atau akhir tulisan kitik dan usulan solusinya. Saya tidak akan melayani bagi Anda yang menggunakan identitas palsu.

5. Kritik dan usulan solusinya disampaikan kepada saya hanya melalui email: yakobus.dumupa@yahoo.com.

Saya tidak akan menerima dan melayani jika kritik dan usulan solusinya anda sampaikan melalui media sosial (Facebook).

Demikian kesempatan kedua yang saya berikan secara terbuka kepada para intelektual asal Kabupaten Dogiyai yang aktif di media sosial (Facebook), untuk menyampaikan kritik dan usulan solusinya saya dalam kapasitas sebagai Bupati Dogiyai, bukan dalam kapasitas sebagai pribadi.

Gunakan kesempatan ini untuk menyampaikan kritikdan usulan solusinya secara terhormat sebagai orang yang telah perpendidikan, dari pada (maaf) berkoar-koar tidak jelas di media sosial (Facebook).

Saya akan menerima semua kritik dan usulan solusinya dengan senang hati dan menganggapnya sebagai wujud cinta Anda kepada saya sebagai Bupati Dogiyai. Sebagaimana saya mencintai Anda, Anda pun harus mencintai saya, sebab cinta sejati tak bertepuk sebelah tangan!

Terimakasih. TUHAN beserta kita!

Mowanemani, 7 Agustus 2021

Bupati Dogiyai,

YAKOBUS DUMUPA

 

Label
Tampilkan Lebih Banyak

JayaNews

Jayanews.id adalah media online nasional yang menyajikan berita-berita nasional dan daerah terupdate.

Artikel Terkait

Back to top button
Close