Dari Daerah

Kedatangan Presiden Joko Widodo di Kendari Akan Disambut Aksi Demonstrasi

JAYANEWS, KENDARI – Presiden Joko Widodo rencananya akan berkunjung ke Kota Kendari, pada 30 Juni 2021 mendatang.

Jokowi, berkunjung ke Kota Lulo dalam rangka menghadiri kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Kamar Dagang Industri Nasional (Kadin).

Selain menghadiri Munas Kadin Jokowi juga akan meninjau langsung beberapa proyek di Sultra salah satunya kolam retensi kali Wanggu di Kota Kendari.

Mendengar kabar kunjungan Presiden, Aliansi Pemuda Pelajar (AP2) Sultra akan menggelar demonstrasi untuk menyampaikan bobroknya penegakan hukum di Sultra.

Dewan Pembina AP2 Sultra, La Ode Hasanuddin Kansi mengatakan pihaknya akan memberikan ucapan selamat datang kepada Presiden Jokowi Dodo dengan menggelar aksi demonstrasi.

AP2 Sultra merencanakan akan menggelar demonstrasi selama dua hari yaitu 29 hingga 30 Juni 2021 di Hotel Claro Kendari,” kata Hasan kepada Jayanews, Senin (28/06/2021)

“Selamat datang bapak Presiden RI di bumi anoa, tolong kasus dugaan Korupsi PT. Toshida yang ditangani Kejati Sultra untuk ditinjau,” ujar Hasan.

Melalui aksi ini, kata Hasan, AP2 Sultra meminta Jokowi Dodo untuk meninjau kasus dugaan korupsi PT. Toshida Indonesia yang ditangani Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sultra.

Hasan juga meminta kepada Presiden RI untuk mencopot Kepala Kejati Sultra Sarjono Turin dari jabatannya.

Sebab, Sarjono diduga memberikan perlakuan istimewa kepada kedua tersangka yakni Direktur PT Toshida Indonesia La Ode Sinarwan Oda dan mantan Kepala Bidang Minerba, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Sultra Yusmin.

Menurutnya, Kejati Sultra terkesan memberikan peluang pada tersangka kasus korupsi untuk menghilangkan barang bukti untuk lolos dari pasal yang disangkakan.

“Kejati Sultra sudah menetapkan 4 tersangka namun ada 2 tersangka cenderung diperlakukan istimewa dan tidak ditahan,” ucap pria yang kerap dijuluki Aktivis tanpa gelar ini.

Ia berharap kepada Kejati Sultra juga untuk teliti, transparan dan profesional dalam menelusuri aliran dana korupsi pertambangan PT Toshida Indonesia termasuk anggaran Musda XVI KNPI Sultra.

 

Laporan: Tim Redaksi

 

Label
Tampilkan Lebih Banyak

JayaNews

Jayanews.id adalah media online nasional yang menyajikan berita-berita nasional dan daerah terupdate.

Artikel Terkait

Back to top button
Close